Ringkasan Sirah Nabi SAW.

POSISI BANGSA ARAB DAN KAUMNYA

1. Posisi Bangsa Arab

Secara bahasa Arab artinya padang pasir,tanah gundul dan gersang yang tiada air dan tanamannya. Sebelah barat Jazirah arab dibatasi laut merah dan gurun Sinai.Sebelah timur oleh teluk arab.Sebelah selatan oleh laut arab yang menyambung dengan lautan India.Sebelah utara oleh negeri syam dan sebagian kecil dari Negara iraq.

Posisi bangsa arab merdeka sekali mengingat letak strategis yang sangat bagus dari serangan musuh.alasan geografis ini pula yang mnejadikan posisi bangsa arab bangsa yang bisa mneggalang hubungan degan bangsa luar.

2. Kaum-kaum Bangsa Arab

a. Arab Ba’idah; kaum-kaum arab terdahulu yang sejarahnya tidak bisa dilacak karena rinci dan komplit, seperti kaum Ad, Tsamud

b. Arab Aribah; kaum-kaum arab yang berasal dari keturunan ya’rub bin Yasyjub bin Qahthan disebut Arab Qahthaniyah.

c. Arab Musta’ribah ; kaum-kaum arab yang berasal dari keturunan Ismail yang disebut arab Adnaniyyah

Cikal bakal Arab Musta’ribah adalah Ibrahim alaihissalam, yang berasal dari Iraq, daerah Ar pinggir sungai eufrat dekat Kufah.

KEKUASAAN DAN IMARAH DI KALANGAN BANGSA ARAB

Para penguasa di jazirah Arab tatkala terbitnya matahari islam, dibagi menjadi :

1. Raja-raja yang mempunyai mahkota, tapi pada hakikatnya mereka tidak bisa merdeka berdiri sendiri.

2. Para pemimpin kabilah /suku yang memiliki kekuasaan dan hak-hak istimewa kekuasaan para raja.

Raja-raja Yaman

1. Pada abad-abad sebelum 650 SM, raja-raja mereka bergelar Makrib Saba, dengan ibu kotanya Sharawah.

2. sejak tahun 650 SM-110 SM, mereka menanggalkan gelar Makrib dan hanya memakai gelar Saba, dengan ibu kota Ma’arib.

3. Sejak tahun 115 SM-300 SM, kabilah Khimyar mengalahkan Saba dan menjadikan Raidan sebagai ibukotanya. Kemudian menjadi Dhafar.

4. Sejak thn 300 M sampai masuknya islam ke Yaman, diwarnai kekacauan.Atas bantuan Romawi orang habasyah bias merebut Yaman awal th.340 M.

Raja-raja di Hirah

Bangsa Persi bisa menguasai Iraq setelah cyrus yang Agung (557-529 SM) dapat mempersatukannya hingga tak seorangpun berani menyerangnya. Kekuatan mereka kembali bangkit pada era Ardasyir pendiri kerajaan sasaniyah sejak thn 226 M.

Pada era ardasyir ini Judzaimah Al-wadhdhah berkuasa atas Hairah dan sebagian penduduk Iraq serta daerahnya Rabi’ah dan Mudhar. Pada th.268 Judzaimah Al-wadhdhah meninggal dunia, lalu Amru bin Ady bin Nshr Al-Lakhmy naik tahta di Hirah.

Pada masa kekuasaan Qubadz bin Fairuz di Parsi, yang berkuasa di hirah adalah Mazdak.

Mazdak kembali diganti oleh Al-Mundzir karena ajaran permisivismenya yang tidak disukai raja Persia. Pada masa kekuasaan An-Nu’man bin Al-Mundzir emas banyak disimpanya, sehingga memancing kemarahan raja Persia, ia diganti Iyas bin Qubaishah Ath-Tha’y, lalu dikalhkan bangsa arab suku Syaibah.Setelah itu Kisra mengangkat penguasa Hirah dari bangsa Persi hingga dating Khalid bin walid beserta pasukan muslim.

Raja-raja di Syam

Bangsa romawi mengangkat seorang raja dari suku Dhaja’amah, yang berlangsung hingga beberapa tahun. Raja mereka yang terkenal adalah Ziyad Bin habulah,berakhir setelah kedatangan Ghassan. Bangsa romawi mengangkat mereka menjadi raja bagi semua bangsa arab di syam.

Imarah di Hijaz

Hijaz adalh sekitar makkah, yang pertamakali dikuasai oleh Ismail beserta keturunannya selama 20 abad SM, kemudian bani Jurhum selama 21 abad.Pada masa kedua terjadi pengurusan kota makahbesera asset-asetnya terutama ka’bah dan sumur zam-zam yang menjdi kekuatan ekonomi mereka.

Penangann selanjutnya oleh bangsa Quraisy yang diantara mereka saling berebut kebutuhan terhadap pngelolaan haji dan asset-aset yang ada di Makkah.

Kekuasaan di berbagai penjuru Arab

Kekuasaan dipegeang oleh para kabilah-kabilah dengan pemimpinya yang mempunyai hak otoriter penuh terhdap segala sesuatu didantara mereka.Kabilah adalah sebuauh pemerintahan kecil yang azas eksistensi politiknya berdsarkan fanatisme.

AGAMA BANGSA ARAB

Mayoritas Bangsa arab mengikuti ajaran Nabi Ismail, yang intinya menyembah hanya kepada Allah saja.Amru bi Luhay adalah diantara pemimpin penerus ajaran itu, tetapi ketika pergi ke Syam, ia melihat penduduknya yang menyembah berhala, maka ia pulang sambil membawa Hubal dan meletakannya di dalam ka’bah.

Di Hijjaz banyak beretebaran berhala, Manat adlah yang tertua, kemudian mereka membuat Lata dan uzza..Kemudian semakin menyebarlah kemusyrikan di setiap tempat di tanah arab hijaz.Konon Amru bi Luhay mempunyai pembantu dari bangsa jin.

Selain tiu mereka mempunya beberapa upacara tradisi dan upacara penyembahan berhala, diantaranya : Mereka mendatangi berhala dan mengelilinginya, berkomat-kamit,mereka menunaikan haji dan thawaf di sekeliling berhala merunduk dan sujud di hadapanya.mereka bertakorub dengan menyajikan berbagai macam korban, meyembelih hewan demi berhala dan menyebut namanya.Menghususkan makanan untuk berala.bernadzar menyajiankan sebagian hasil tanaman dan ternak untuk berhala-berhala.

Sebelum itu sudah masuk agama Yahudi, Masehi, Majusi dan Shabi’ah yang masuk ke dalam masyarakat Arab.Latr belakang orang yahudi di Arab : a)Kepindahan mereka pada masa penaklukan Bangsa Babilon dan Asyur di Palestina, yang mengakbatkan tekanana terhadap orang-orang Yahudi. b)Dimulai dari pencaplokan Bangsa Romawi terhadap Palestina tahun 70 M, yang disertai tekanan terhadap orang-orang yahudi dan penghancuran haikal-haikal mereka.

Agama Nasrani masuk ke arab lewat pendudukan orang-orang Habsyah dan Romawi. Bangsa arab yang memeluk Nasrani ialah dari suku-suku Ghasan, kabilah-kabilah Taghlib, Thai’ dan yang berdekatan dengan orang-orang romawi.

Sedangkan agama Majusi lebih banyak berkembang dikalangan orang-orang Arab yang berdekatan dengan orang-orang Persi, agama ini pula pernah berkembang dikalangan orang-orang arab Iraq dan Bahrain serta di wilayah pesisir arab.

Sedangkaan agama Shabi’ah menurut beberap kisah dan catatan, berkembang di Iraq dan lainya yang dianggap sebagai agama ibrahim chadeans.Banyak penduduk Syam yang juga memeluknya serta penduduk Yaman pada jaman dahulu.

Kondisi Kehidupan Agama

Orang-orang Musyrik yang mengaku penganut agama ibrahim kenyataanya jauh sekali dari ajran Ibrahim.sedangkan orang yahusi berubah menjadi orang yang angkuh dan sombong , pimpinan mereka menjadi sesembahan selain Allah.Sedangkan agama nasrani berubah menjadi agama paganisme yang sulit dipahami dan menimbulkan pencampuradukan antara Allah dan manusia.

GAMBARAN MASYARAKAT ARAB JAHILIYAH

Kondisi social

Bangsa arab terkenal dengan kesukuannya, sehingga perbedakaan kelas sosial di masyarakat sangat kental sekali,sekalipun harus dengan pedang yang terhunus.Jika seorang ingin dipuji, maka harus banyak dibicarakan oleh para wanitanya.Hubungan laki-laki perempuan harus melalui persetujuan wali.seorang suami sangat dihormati.

Menurut Abu Daud, pernikahan pada jaman itu ada beberapa macam : a)Pernikahan secara spontan .b)Nikah istibdha; seorang laki-laki menyerahkan istrinya yang baru suci dari haid pada laki-laki lain untuk di jima dengan tujuan mengambil keturunan yang baik. c)Pernikahan poliandri d)Perjinahan. Seorang wanita berjina dengan beberap pria, kalau lahiran diundi siapa bapanya.

Poligami tidak ada batasnya. Kabilah yang menang perang berhak mengambil semua wanita yang kalah dan menghalalkannya menurut mereka. Perjinahan mewabah dimana-mana, keciali hanya sedikit yang masih memiliki keagungan jiwa.

Banyak yang mengubur hidup-hidup dan membunuh anak perempuannya karena takut aib.Membunuh anak laki-laki karena takut lapar. (al-an’am;151). Landasan aturan social adalah fanatisme, rasial, dan marga.

Kondisi ekonomi

Kondisi ini mengikuti kondisi social yang bias dilihat dari jalan kehidupan Bangsa Arab.Perdagangan merupakan sarana yang paling dominant untuk memenuhi kebutuhan hidup.Jalur-jalur perdagangan tidak bisa dikuasai begitu saja, kecuali bisa menciptakan kondisi yang aman dan damai yang sulit dicapai kecuali pada bulan suci.Maka pada bulan itu terkenalad pasar Ukazh, Dzil-Majaz., Majinah dll.

Wanita-wanita arab cukup menangani pemintalan dari gembala yang ada di arab.kerajinan sama sekali mereka tidak menguasai kecuali dari Yaman, hirah dan Syam.Keiskinan kelaparan dan orang yang telanjang adalah hal yang biasa di tengah masyarakat.

Kondisi ahlak

1.kedermawanan. Kadang ada yang merelakan onta satu-satunya disembelih untuk menjamu tamunya di musim dingin yang mencekam. Ada juga yang minum Khmr hanya untuk dikatakan banyak uang dan dermawan.

2. Memenuhi janji, mereka kadang bisa membakar rumahnya dan membunuh anaknya demi menepati janji.

3. Kemuliaan jiwa dan keengganan menerima kehinaan dan kelaliman

4. Pantang Mundur

5. Kelemahlembutan dan suka menolong orang lain

6. Kesederhanaan pola kehidupan badui

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: