Hari Kemerdekaan

Tanggal 17 Agustus adalah tanggal yang mempunyai makna sejarah yang sangat penting bagi kehidupan bangsa Indonesia, karena tanggal itu adalah tanggal dimana bangsa indonesia bisa melepaskan diri dari belenggu penjajah. Tahun ini (2009) adalah tahun ke-63 dari kemerdekaan NKRI, negara yang kita cintai dengan segala kelebihan dan kekurangannya.63 tahun sudah negara ini bebas dari penjajah, namun apakah benar sudah bebas dari penjajah?

Negara ini, merdeka berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa, seperti termaktub dalam Pembukaan UUD 1945,namun apakah kita bangsa indonesia (pemerintah dan rakyat) merasakannya? menjiwainya? memahaminya? atau menerapkannya? Jawabannya da di hati kita masing-masing.

Sudah enam kepala negara yang telah dan sedang memimpin negara kita, sudah banyak keberhasilan duniawi yang kita rasakan walaupun kita dibebani hutang yang menumpuk. Semua memiliki visi dan misi masing-masing bagaimana mengolah negara ini, namun yang mesti diingat sudahkah mereka mengamalkan ajaran agama sesuai kehendak/amanat UUD 1945, yang menegaskan bahwa kemerdekaan adalah berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa? Visi-misi dengan menekankan pada hal ini, adalah mutlak harus dipunyai oleh para pemimpin yang memimpin negara ini, sehingga pada peraktiknya akan terlepas dari sikap memperkaya diri sendiri, sikap tak acuh pada rakyatnya, yang pada gilirannya mudah-mudahan melahirkan negara yang “subur makmur loh jinawi” ,aman dan tentram, enak untuk dijadikan sebagai tempat perlindungan dan pengabdian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: