Egrang/Jujungkungan Ciamis

jalan-egrang-isiAksi Ahmad Solihin (56), seorang guru SMP di Ciamis ini benar-benar nekat. Dia berhenti mengajar selama empat bulan hanya untuk belajar jalan mundur dengan egrang. Setelah mahir, per 5 November lalu dia start dari Ciamis dengan tujuan Jakarta berjalan mundur menggunakan egrang. Ahmad berencana bertemu SBY-JK. “(Detik com, 26/11/2008)


Sebagai warga Ciamis dan sebagai Guru, tentu saya merasa bangga dan haru atas keberanian dan kegigihan seorang Ahmad Solihin yang nekat menggunakan “jujungkungan” dengan berjalan mundur dari Ciamis selatan ke Jakarta.

Ada beberapa hal yang bisa kita ambil hikmahnya dari perbuatan nekat Bapak Ahmad SolihinĀ ini, diantaranya :

1.Ā NiatĀ ; dalam IslamĀ kita mengenal hadits yang sudah sangat populer yang artinya :”Bahwasanya segala perbuatan tergantung kepada niat dan bahwasannya bagiĀ tiap-tiap orang Ā apa yang ia niatkan…” SehinggaĀ apapun yang kita lakukan itu diawali dengan niat. Niatlah yang akan mendorongĀ kita untuk berbuat,Ā baik itu perbuatan buruk maupun perbuatan baik.

2. Kesungguhan ; Dari niat yang kuatĀ tadi maka akan menghasilkan kesungguhan dalam melakukan sesuatu, seperti apa yang dilakukan Bapak Ahmad Solihin yang tekun berlatih untuk belajar memakai egrang dengan berjalan mundur selama empat bulan. Pepatah Arab mengatakan “Man Jadda Wajada” “Barangsiapa bersungguh-sungguh maka akan mendapatkan”

3. Keberanian ; Keberanian akan muncul manakala kepercayaan akan kemampuan diri sendiri muncul dan mengggelora dalam jiwa kita. Sejarah Islam mencatat bagaimana keberanian para pejuang Islam yang secara kuantitas lebih sedikit dibanding musuh Islam, tapi bisa mengalahkannya.

Marilah kita meluruskan niat kita untuk melakukan semua perbuatan yang baik yang bermanfaat bagi diri kita, bagi ummat manusia di dunia, dan tentunya bagi Allah penguasa alam jagat raya. Sehingga pada gilirannya menghasilkan sikap sungguh-sungguh dan berani dalam melakukan semuanya. Akhirnya mudah-mudahan kita bisa bahagia di dunia dan bahagia di akhirat kelak. AMIN……..

One Response

  1. Hatur nuhun kintunan artikelna. Tapi teu acan kabaca margi aya problem dina leresan download.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: