Study Banding

Judulnya adalah Study Banding, ya memang kami melakukan pembelajaran ke dua  sekolah yang berada di Phuket sebuah Pulau di Thailand. Harapan untuk menimba ilmu tentang pelaksanaan sekolah Internasional atau sekolah Bilingual sedikit terlaksana dengan penjelasan dari pengurus kedua sekolah dan pengamatan langsung di sekitatar sekolah.

brtissssssAdalah BIS (British International School) yang pertama saya lihat dan kunjungi. Satu hal yang saya garis bawahi dari penyelenggaraan pendidikan di sekolah ini, yaitu sistem asrama yang ketat. Ketat atau strict  yang mereka maksud kurang bisa dipahami, yang jelas dari penjelasan kepala sekolah dan salah seorang staff pegawai diantaranya adalah dalam pakaian dan moral. Para murid diharuskan memakai seragam sekolah selama proses pembelajaran, juga kalau ketahuan ada diantara siswa yang melakukan a susila akan dikeluarkan.

Kenapa harus saya garis bawahi? Pertama, karena sistim asrama adalah merupakan cara yang terpercaya untuk menerapkan nilai-nilai pendidikan yang sebenarnya, tidak hanya dalam bentuk teori.Kedua, sistem yang ketat atau disiplin adalah sistem yang bisa mengantarkan murid untuk berhasil.

Sebagai seorang Muslim tentunya menginginkan anaknya menjadi Muslim yang taat memahami keislaman secara menyeluruh dan bisa menerapkannnya dalam kehidupan sehari-harinya serta memiliki ilmu pengetahuan yang mempuni untuk bekal hidupnya. Tentunya untuk mewujudkan itu semua perlu memilih lembaga pendidikan yang bisa mewadahi semua cita-cita tersebut. Insya Allah ada dan banyak di Negara Indonesia. Kalaupun belum ada maka tugas kita semua untuk memikirkannya.

Selanjutnya kami mengunjungi Satree Bilingual School, sekolah milikstree1 pemerintahan Thailand yang memakai dua bahasa dalam beberapa bidang study-nya. Ciri khas dari tempat-tempat di Thailand adalah kebersihannya. Sekolah yang sudah berdiri 100 tahun ini memiliki areal yang luas dan bersih.

Satu hal yang membuat saya tidak puas adalah tidak tersedianya Masjid untuk tempat ibadah Murid Muslim, padahal jumlah murid dan beberapa pegawai yang muslim di sana cukup banyak. Sekitar 350 orang dari jumlah murid 800 orang.

5 Responses

  1. Kapan bisa study banding lagi ya..??

    salam kenal..
    Media Anak Muda

  2. Kapan bisa study banding lagi ya..??

    salam kenal…
    Media Anak Muda

  3. Kapan bisa study banding lagi ya..??

    salam kenal….
    Media Anak Muda

  4. Asyik dong study bandingnya.. tapi di Thailand itu masih terjadi diskrimiasi agama ya?

  5. waaaahhhhh…
    asik banget jalan2 ke luarnegeri…
    kapan yah saya bisa ??😐

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: