Olahraga Hati

Konsepnya sederhana ” di dalam jiwa yang sehat terdapat badan yang sehat”. Artinya kalau jiwa dan kondisi ruhani kita lagi nyaman tentram dan damai, maka badan serasa segar dan makanpun serasa nikmat. Sebaliknya bila kondisi jiwa kita tidak stabil penuh dengan konplik, penuh dengan perasaan tidak senang, perasaan tidak puas, maka sekujur badan serasa pegal linu, kepala pusing,  hingga akhirnya tidak enak badan.sakit.

pingpongTernyata memang hal itu sudah ditegaskan  oleh Nabiyullah Muhammad SAW, yang menegaskan bahwa di dalam tubuh kita ada segumpal darah yang apabila ia itu benar maka benarlah seluruh anggota badannya, dan apabila jelek maka jeleklah seluruh anggota badanya.Itulah hati.

Sesering apapun olahraga fisik yang kita lakukan tapi kita tidak bisa me-manage hati kita, jiwa kita, kondisi badan kita bukan tambah sehat tapi malah sebaliknya mengalami kelainan. Jadi, olahraga  hati sangat perlu kita lakukan selain kita melakukan olahraga fisik.

Banyak sekali cara yang bisa kita lakukan dalam kaitanya dengan olahraga hati. Diantaranya adalah dengan seringnya bangun malam, dan senantiasa mengkontinyukan bacaan quran dan shalawat atas Nabi Muhammad SAW. dan masih banyak lagi.

2 Responses

  1. sip mang gayanamah sigana tos siga atlet kelas dunia..:D
    tapi eta eleh atanapi kenging sabara set..:)

  2. sae pisan seratanana pak anwar, olah raga hati membuat hati sehat, isnya allah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: