SABAR

leh :

Farid I.A / XII IPA SIB

faridunKesulitan penderitaan di dunia terlalu kecil dan singkat jika dibandingkan dengan yang akan dialami di ahkirat kelak. Hanya dengan sabar kita bisa selamat dari penderitaan dan kesulitan akhirat yang mahadassyat tersebut. Penderitaan di dunia paling lama 60 sampai 100 tahun, tapi kebahagiaan di akhirat akan kita dapatkan, jika bisa bisa bersabar, adalah kekal abadi. Jadi sungguh naif jika hidup yang singkat ini disia-siakan untuk mengejar kesenangan yang semu.

Allah menyayangi dan mendekatkan orang yang sabar kehadiratNya. Dia jadikan kesabaran lebih tinggi dari ibadah. Kesabaran ini akan berdiri di sudut liang lahat menjaga dan melindungi kita dari siksa kubur. Jika pahala ibadah lain sepert salat, puasa, dan zakat memiliki kelemahan, maka pahala kesabaran inilah yang akan tampil dihadapan kita.

Kesabaran ada 2 macam:

–          Pertama: Kesabaran yang berkaitan dengan fisik, seperti ketabahan dan ketegaran memikul beban dengan badan (contoh: sabar menahan sakit/luka).

–          Kedua: Kesabran yang terpuji dan sempurna yaitu kesabaran yang berkaitan dengan jiwa dalam menahan diri dari berbagai keinginan tabi’at dan tuntutan hawa nafsu.

Beberapa macam sabar dari segi permasalahannya:

–          Sabar dalam kekayaan disebut mengendalikan diri (dhabtun-nafsi), kebalikannya adalah keadaan yang disebut kesombongan (bathr).

–          Sabar dalam menghadapi salah satu bencana yang mengguncangkan  disebut lapang dada (sa’atush-shadr), kebalikannya adalah keadaan yang disebut sempit dada.

–          Sabar dalam kelebihan penghidupan disebut (zuhud), kebalikannya adalah rakus.

–          Sabar dalam menyimpan rahasia (kitmanus-sir)

Nah, oleh karena itu lah, sabar adalah separuh iman.

Ada beberapa hal yang harus diketahui agar dapat menjadi orang yang sabar:

  • Mata dan Telinga Adalah Sarana Allah Untuk Menguji Manusia
  • Apa yang kita lihat dan dengar sering menimbulkan nafsu atau amarah yang berlebihan. Untuk mengatasinya, kita harus bersabar.
  • Sabar Itu Tiada Ada Batasnya
  • Mengahadapi segala permasalahan dengan sabar.

“ Di hari kiamat orang yang mati syahid dan orang yang suka bersedekah dihadapkan pada perhitungan, namun orang yang mendapatkan musibah tidak dihitung dan tidak disidang lagi. Pahala mereka dituangkan begitu saja (tanpa perhitungan) sehingga orang yang tidak pernah sakit berharap tubuh mereka dipotong-potong dengan gunting, demi melihat pahala orang yang terkena musibah itu,” (HR Thabrani)

  • Sabar Adalah Jalan Pemecahan Yang Terbaik
  • Pelampiasan emosi hanya akan mendatangkan kepuasan sesaat saja.

Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa, maka barangsiapa memaafkan dan berbuat baik maka pahalanya atas tanggungan Allah. Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang zalim.” (Asy-Syuura 42:40)

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (Alam-Nasyrah 94:5-6)

  • Sabar Adalah Perintah Allah
  • Lakukan sabar bukan lantaran terpaksa, namun dengan penuh kesadaran bahwa ini adalah perintah Allah.

Dengan mengetahui hal-hal tersebut, semoga kita akan dapat menjadi orang yang dapat mengiklhaskan segala hal yang terjadi pada diri kita, iklhas adalah indikator keberhasilan pelaksanaan sabar. Dan karena sesungguhnya “Orang yang bersabar, pasti mendapat kemenangan walaupun tertunda.” (Sayidina Ali bin Abi Thalib r.a.)

“ Maka jika ada diantaramu 100 orang yang sabar, niscaya mereka dapat mengalahkan 200 orang; dan di antaramu ada 1000 orang (yang sabar), niscaya mereka dapat mengalahkan 2000 orang dengan seizin Allah. Dan Allah beserta orang-orang yang sabar.” (Al-Anfaal 8:66)

Sumber:

–          “Bahan Renungan Kalbu”, oleh Dermadi Alibasyah

–          “Mensucikan Jiwa”, oleh Sa’id Hawwa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: